BPSDM Kemendagri Dorong Penguatan SDM ASN


Sisfo Diklat Sumbar

Posted By : Admin    July 5, 2016    Hits (129)

BPSDM Kemendagri Dorong Penguatan SDM ASN

Sisfo Diklat Sumbar, Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Sumatera Barat, Badan Diklat Sumbar -

 JAKARTA (SK) - Tuntutan pelaksanaan Un­dang-Undang Nomor 5 Ta­hun 2013 tentang Apa­ratur Sipil Negara dan Undang- Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, secara langsung mempengaruhi perubahan fungsi kelembagaan dari Badan Diklat menjadi BPS­DM. Kebijakan pemerintah terkait dengan perubahan nomenklatur ini, menandai transformasi fungsi kelem­ba­gaan yang semakin ber­kembang.

"BPSDM menjadi lebih luas cakupannya, meliputi ti­ga pilar yaitu standardisasi, sertifikasi dan pengembangan kompetensi berupa diklat, bimtek, kursus, pe­nataran dan seminar," kata Kepala Badan Pengem­bang­an Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri Teguh Setyabudi di Jakarta, Selasa (11/10) saat membuka rapat koordinasi (rakor) Kepala Ba­dan Diklat dan Kepala Biro Organisasi Provinsi se­lu­ruh Indonesia.

Dalam rakor hadir narasumber Deputi Aparatur LAN RI, Direktur Jenderal Otonomi Daerah, dan Kepala Biro Organisasi Kemendagri.

Rakor yang berlangsung di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Ke­menterian Dalam Negeri (BP­SDM Kemendagri), di ka­wasan Kalibata Jakarta Se­la­tan itu bertujuan untuk har­­monisasi dan sinkroni­sasi kelembagaan Kemen­da­gri dan pemerintahan dae­rah dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) aparatur pemerintahan daerah.



Pembahasan dalam ra­kor tersebut lebih difokus­kan pada penguatan nomenklatur struktur organisasi dan tata kerja (SOTK) pe­rangkat daerah yang membidangi pengembangan SDM aparatur.

Teguh menambahkan, diklat hanya menjadi bagian dari pengembangan kompetensi. BPSDM Kemendagri senantiasa mendorong upa­ya-upaya yang akan dila­kukan oleh pemerintah pro­vinsi terkait dengan pembentukan kelembagaan yang berfungsi untuk mengembangkan SDM aparatur yang berkompeten, produktif dan profesional, dengan mengupayakan berbagai kebijakan, antara lain kebijakan organisasi perangkat daerah bi­dang pengembangan SDM apa­ratur, nomenklatur pe­rang­kat daerah yang membidangi pengembangan SDM aparatur, serta diklat apa­ratur sipil negara.

Teguh Setyabudi me­nambahkan, sesuai dengan amanat UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, menyebutkan bah­wa setiap pegawai ASN me­miliki hak dan kesempatan untuk mengembangkan kompetensi, mencakup kom­petensi teknis, manajerial dan sosiokultural. (ant) sumber : http://m.suarakarya.id/2016/10/11/bpsdm-kemendagri-dorong-penguatan-sdm-asn.html

 

Sisfo Diklat Sumbar (Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Sumatera Barat, Badan Diklat Sumbar)

Share on:

Artikel Terkait

Tidak Ada Berita Terkait

Comments

Back to top