SAP Berbasis Akrual Diterapkan


Sisfo Diklat Sumbar

Posted By : Admin    July 5, 2016    Hits (320)

SAP Berbasis Akrual Diterapkan

Sisfo Diklat Sumbar, Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Sumatera Barat, Badan Diklat Sumbar -

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat berupaya maksimal menjadikan aparatur pengelola keuangan yang kompeten dan mampu menyusun laporan keuangan pemerintah daerah. Guna mewujudkan itu, diberikan pembekalan dalam bentuk diklat teknik Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) berbasis akrual di aula Badan Diklat Sumatera Barat (Senin, 10/10-2016)
Kepala Badan Diklat Sumatera Barat, H. Rosman Effendi melalui sekretarisnya, Nurhidayah mengatakan pelaporan keuangan pemerintah daerah merupakan gambaran bagaimana suatu daerah mengelola sumber daya yang dimiliki secara transparan dan akuntabel.

Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Sumatera BaratBadan Diklat Sumbar



Itu dilakukan dengan melakukan penekanan pada standar akuntansi pemerintah dengan prinsip-prinsip akuntansi yang diterapkan dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan. Sesuai diamanatkan pada peraturan pemerintah nomor 71 tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintah penerapan SAP berbasis akrual yaitu standar akuntansi pemerintah yang mengakui pendapatan, beban, aset, utang dan ekuitas dalam pelaporan financial berbasis akrual serta mengakui pendapatan belanja dan pembiayaan dalam pelaporan pelaksanaan anggaran berdasarkan basis yang diterapkan dalam APBN/APBD.
Gagasan perlu adanya standarisasi pemerintah sebenarnya sudah cukup lama. Seiring dengan berkembangnya akuntansi yang dipelopori dengan dikeluarkannya Standar Akuntansi Keuangan oleh Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) pada tahun 1994. Lalu, kebutuhan standar akuntansi pemerintah kembali menguat. Oleh karena itu, Badan Keuangan Negara (BAKUN) Departemen Keuangan mulai mengembangkan kembali standar akuntansi dan dimulai diterapkan tahun 2010. “Diklat ini sebagai salah satu upaya untuk mempertahankan opini WTP yang telah diraih oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat” ujar Nurhidayah.
Pada tempat yang sama, koordinator latihan, Yuniarti mengatakan peserta diklat sebanyak 30 orang yang berlangsung 10-22 Oktober 2016. Dijelaskannya, dengan diklat ini peserta bisa mengerti dan memahami tentang prinsip-prinsip, dasar, konvensi-konvensi, aturan-aturan dan praktik penyusunan laporan keuangan pemerintah berdasarkan standar akuntansi pemerintah berbasis akrual serta dapat menjelaskan dan menguraikan petunjuk tata cara prosedur akuntansi pemerintah berbasis akrual pada SKPD masing-masing di lingkungan pemerintah provinsi.
Ditambahkan, sasaran diklat tersebut terwujudnya aparatur pengelola keuangan yang kompeten dan mampu menyusun laporan keuangan pemerintah daerah.

Sisfo Diklat Sumbar (Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Sumatera Barat, Badan Diklat Sumbar)

Share on:

Artikel Terkait

Tidak Ada Berita Terkait

Comments

Back to top